Angklung Gumati Nusantara Memukau Audiens Dalam Ngopi Bareng Alumni Seri IV, Kebaya Goes To UNESCO

Lidiknet, Jakarta – 27 September 2022, Alumni Untuk Indonesia (AUI) untuk ke-4 kalinya berhasil menyelenggarakan acara bertajuk “Ngopi Bareng Alumni” dengan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”. Ngopi Bareng Alumni Seri IV ini dilaksanakan pada pukul 16:00 – 20:00 WIB, berlokasi di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Pada penyelenggaraan kali ini, Ngopi Bareng Alumni menampilkan Angklung Gumati Nusantara, Tarki Nari, LD Puspita 18, Anak Medan Solid, serta dukungan segenap artis, penyanyi, dan penari dari DAYA Indonesia Performing Arts Academy dan Ardhanari Perfoming Arts & Studio Managements. Ngopi Bareng Alumni juga ikut dimeriahkan oleh kehadiran penyanyi cilik Ragnar, tarian Rosmala Sari Dewi, dan lagu-lagu yang akan dibawakan oleh Margie Segers.

Hadir dalam acara ini desainer batik Ibu Carmanita, yang telah cukup lama menggeluti dunia batik tradisional dan kontemporer sejak 1982. Dalam sambutannya, Ibu Carmanita yang juga cucu dari Ibu Sud, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Batik, Angklung sudah masuk ke UNESCO, walaupun agak berat untuk kebaya karena banyak negara yang juga memilikinya, namun semangat dari segenap yang hadir malam ini semoga membuahkan hasil, terkhusus tentunya semangat kita dalam membudayakan pemakaian kebaya.

BACA JUGA:  Ngopi Bareng Alumni Seri I Kebaya Goes to UNESCO Diselenggarakan Alumni Untuk Indonesia

Alumni Untuk Indonesia (AUI) adalah kolaborasi alumni-alumni perguruan tinggi negeri dan swasta, alumni perguruan tinggi luar negeri, dan alumni SMA/SLTA. Kegiatan Ngopi Bareng Alumni dengan tema “Kebaya Nusantara Goes To UNESCO”, bermaksud untuk turut serta mempopulerkan kembali budaya berbusana KEBAYA serta mendukung Kebaya Goes to UNESCO. Istilah “Kebaya Nusantara” sengaja digunakan untuk menunjukan keanekaragaman jenis kebaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, Nusantara. Pemilihan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO” juga merupakan perwujudan peran serta AUI untuk ikut aktif melaksanakan multi-track diplomacy, cultural diplomacy, dan soft diplomacy ke mancanegara.

BACA JUGA:  Wakil Mentri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbu Resmikan Kantor Cabang Sorgum Indonesia Grup Propinsi Riau

Ngopi Bareng Alumni, dengan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”, direncanakan akan dilaksanakan setiap bulan di minggu II/III, hingga Desember 2022. Selanjutnya, Ngopi bareng Alumni Seri V, “Kebaya Nusantara Goes to Unesco” dijadwalkan pada 25 Oktober 2022.
__________________________________________________________________

BACA JUGA:  Komunitas Watowwah Ajem Pamekasan Galang Dana untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Tim Ngopi Bareng Alumni, “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”
* Bilmar Sitanggang, S.H. (Penanggung Jawab)
* Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, M.Th., A.Mus.D.
* DR. Maria M. Sintorini
* Maria Darmaningsih, S.Sn., M.Ed.
* Metty, Dipl.Ing
* Tiana Soeharto, S.S., M.A.
* La Ode Mutakhir Bolu, S.T., M.Sc.

(red)