Cegah PMK, Polsek Pageruyung Gencarkan Imbauan

Lidiknet, KENDAL – Melaksanakan pemantauan dan pengawasan merupakan salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan imbauan serta pesan-pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Sambang oleh Bhabinkamtibmas Desa Petung Kecamatan Pageruyung dimanfaatkan pula untuk memberikan imbauan terkait pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada hewan ternak.

Bhabinkamtibmas Desa Petung Kecamatan Pageruyung Bripka Nur Koyin mendatangi kandang sapi milik Trisno (peternak), warga Dusun Krajan Desa Petung Kecamatan Pageruyung untuk menjelaskan ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi PMK, Kamis (4/8/2022).

“Sekarang ini sedang ada wabah PMK. Ciri-cirinya mengeluarkan air liur berlebihan, masalah pada kaki dan kukunya terluka, nafsu makan berkurang. Jadi diharapkan warga selalu menjaga kebersihan kandang sapinya, jaga pola makan hewan agar tetap sehat,” jelas Bripka Nur Koyin.

BACA JUGA:  Jasad Eril Ditemukan Guru Perempuan Sekolah Dasar

Sementara itu Kapolsek Pageruyung IPTU Adi Winarno mengatakan bahwa selama adanya wabah PMK yang menyerang ternak warga, pihaknya menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sambang warga yang memiliki hewan ternak, untuk melaksanakan pendataan dan Binluh pencegahan PMK.

BACA JUGA:  5 Things Your Mom Should Have Taught You About Woman

“Bhabinkamtibmas sebagai salah satu unit ujung tombak Kepolisian dalam pembinaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami terus berupaya bagaimana masyarakat menjaga kesehatan ternaknya guna mencegah penyebaran wabah PMK ini,” ungkap IPTU Adi Winarno.

BACA JUGA:  Cleaning Your Home Made Simple

Selain itu Kapolsek Pageruyung IPTU Adi Winarno juga mengimbau agar warga masyarakat tidak perlu panik karena PMK ini, karena tidak menular kepada manusia, dan apabila kalau ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, dan peternak di Kelurahan Petung segera mendapatkan pengobatan hewan ternaknya dengan baik. (HS)