Pengendara untuk Berhati-hati saat Melintas di Jalan Raya Kajen-Bojong di Desa Ketitang Ada Proyek Pengecoran

Lidiknet, PEKALONGAN – Bagi para pengendara yang hendak melintasi Jalan Raya Kajen-Bojong tepatnya di Desa ketitang, diimbau untuk berhati-hati, Pasalnya, pada saat ini jalur tersebut tengah berlangsung pekerjaan pengecoran jalan.

Akibat pekerjaan tersebut Kapolsek Bojong AKP Suhadi, S.H mengatakan, untuk mengurai arus kendaraan, Polisi memberlakukan contra flow di jalur tersebut.

Sejumlah rekayasa lalu lintas telah diterapkan selama perbaikan jalan (pengecoran) tersebut. Salah satunya yang sering dilakukan oleh petugas kepolisian, yaitu contraflow. Contraflow merupakan salah satu rekayasa lalu lintas yang diterapkan demi mencegah terjadinya kemacetan selama perbaikan jalan tersebut.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil: Perfilman Indonesia sebagai Bentuk Identitas dari Budaya Bangsa

Secara harfiah, contraflow berarti melawan arus. Namun, pada praktiknya contraflow merupakan sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan berlawanan dari arah normal.

Berbeda dari one way yang mengalihkan arus kendaraan pada semua lajur jalan, contraflow umumnya diterapkan di satu atau dua lajur saja. Baik contraflow dan one way adalah rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur yang semula dua arah menjadi satu arah. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di jalan.

BACA JUGA:  Konfercab NU Kabupaten Kendal 2022 Digelar

AKP Suhadi mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati. Selain itu, pengendara juga diimbau untuk tidak salip menyalip kendaraan yang ada di depannya dan tetap mengantre. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA:  Sasar Tukang Becak, Polres Pekalongan Bagikan Sembako

“Karena sedang adanya pengecoran di jalan tersebut, kami imbau kepada pengendara untuk tetap antri dan hati-hati,” ujar dia. (HS)