Pelantikan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat Da’i Kamtibmas Polres Pekalongan

Lidiknet, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H memimpin pelantikan Da’i Kamtibmas Polres Pekalongan yang dilaksanakan di aula Mapolres Pekalongan, Rabu (20/7/2022).

Pelantikan Da’i Kamtibmas dihadiri juga oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosiyanto, S.H., M.Si., Ketua FKUB Kabupaten Pekalongan Drs. H. Mukhozin, Kabag Ops Polres Pekalongan Kompol Agus Sulistwiantoro, S.H., Kabag Log Polres Pekalongan Kompol Sumantri, S.H., Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Munawwarah, S.H., S.I.K., M.H., Kasat Intelkam AKP Adam Teguh Arisianto, S.H., Kasat Narkoba AKP Hozali, S.H., Kasat Binmas Iptu Quratul Aini, S.H dan Kasat Samapta AKP Edi Yuliantoro, S.H.

Kapolres dalam sambutannya menyampaikan, terobosan Polri yang efektif dalam harkamtibmas adalah pemberdayaan Pemolisian Masyarakat atau Polmas (Community Policing) yakni suatu kegiatan yang mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dilingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya.

BACA JUGA:  Peringati Dinten Panggih, Koti MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tegal Gelar Acara Doa Bersama

“Dai kamtibmas ini merupakan terobosan Polri, kegiatan yang mengajak masyarakat untuk melakukan kemitraan dengan Polri guna mendeteksi tingkat keamanan suatu wilayah. Kedudukan Dai kamtibmas dapat mencegah bibit radikal dan teroris dalam masyarakat dan dapat membentuk masyarakat yang religius sehingga menciptakan masyarakat yang cinta damai,” tuturnya.

Kapolres menjelaskan, Forum kemitraan Polisi dan masyarakat ini dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Pekalongan dengan memberi pendapat dan saran kepada Polri, mengidentifikasi masalah dan memprioritaskan pemecahan masalah yang menyangkut tindak kejahatan, pelanggaran, serta mencari solusi pemecahannya.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polsek Weleri Sosialisasikan Imbauan Kamtibmas 

“Forum Polisi masyarakat merupakan wadah yang dibentuk untuk memfasilitasi antara masyarakat sehingga dapat membantu masyarkat menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat yaitu sebagai problem solving dan juga sebagai restoratif justies,” tambahnya.

AKBP Arief menegaskan, dengan adanya pengukuhan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Da’i Kamtibmas Polres Pekalongan diharapkan bukan sekedar euforia, namun juga harus mampu menjadi stakeholder mitra kamtibmas Polres Pekalongan melalui strategi Polmas sehingga membentuk wahana komunikasi Polri dan masyarakat dalam menciptakan kondisi yang menunjang kelancaran penyelenggaraan fungsi Kepolisian dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta senantiasa mendukung tugas dan fungsi Kepolisian dalam bentuk antara lain :

BACA JUGA:  Cegah Aksi Kejahatan, Polisi Imbau Melalui Pengeras Suara

1. Membangun kehidupan masyarakat yang religius;

2. Membangun kehidupan di negeri ini, kehidupan yang aman, tentram dan damai;

3. Melaporkan segera kepada jajaran Polsek / Polres Pekalongan bila menemukan kejadian gangguan kamtibmas agar dapat ditindaklanjuti secara quick respose oleh jajaran Kepolisian.

Sementara itu, Wakil Ketua Pembina K.H. Kholil Ridwan mengimbau untuk bersama-sama membantu Polri karena sebagai manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

“Mari kita melatih keikhlasan untuk membantu NKRI dalam bentuk menciptakan keamanan masyarakat Kabupaten Pekalongan pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” tuturnya. (*)