Antisipasi Wabah PMK, Polsek Doro Lakukan Edukasi dan Imbauan kepada Pemilik Hewan Ternak

Lidiknet, PEKALONGAN – Kapolsek Doro AKP Aries Tri Hartanto, SH, MH dan Bhabinkamtibmas Polsek Doron terus melakukan pemantauan kesehatan hewan di sejumlah peternakan sapi milik warga. Hal itu dilakukan setelah adanya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diberbagai wilayah di Indonesia.

Adapun langkah yang dilakukan Kapolsek Doro dan Bhabinkamtibmas Desa Lemah abang Kecamatan Doro yakni melakukan pemantauan secara langsung dan mendata kondisi kesehatan hewan ternak di kandang peternak sapi bapak Nurcahyodi Dukuh Lemahabang Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang Kabupaten Pekalongan, Jumat (15/7/2022).

Kapolsek Doro AKP Aries Tri Hartanto, SH, MH menjelaskan, adanya kasus PMK di berbagai wilayah maka pihaknya mengambil langkah antisipasi dengan melibatkan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Doro untuk melakukan pemantauan di wilayah binaan.

BACA JUGA:  Apel Hari Koperasi Nasional ke-75, Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan

“Selain memberikan sosialisasi kewaspadaan akan PMK serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait wabah PMK tersebut dan untuk hari ini hewan ternak di wilayah Kecamatan Doro dalam kondisi sehat tidak terpapar penyakit PMK,” jelas Kapolsek Doro.

BACA JUGA:  Taruna Akpol Tingkat I Angkatan 56 Bataliyon Presisi Laksanakan Latihan Kerja di Polres Pekalongan

Lebih lanjut, Kapolsek Doro juga menambahkan, dalam melakukan pencegahan dan pengecekan kesehatan seluruh hewan ternak di setiap lokasi peternakan, seluruh wilayah hukum Polsek Doro mendatangi satu per satu para peternak untuk mengecek kesehatan sapi.

BACA JUGA:  Tokoh Muda Syafrudin Budiman Ajak Semua Pihak Bersatu Membangun Bangsa dan Stop Pertikaian Politik

“Ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hewan yang sudah terkena PMK dan apabila ada gejala PMK maka peternak segera melaporkan ke Dinas Peternakan agar dilakukan pengobatan secara intensif,” pungkas AKP Aries. (HS)