Polres Batang Rutin Lakukan Pantauan Hewan Ternak Cegah PMK

Lidiknet, BATANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Polres Batang yang tergabung dalam Satgas Penanganan Ops Aman Nusa II Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) rutin lakukan pemantauan hewan ternak yang diperjualbelikan.

KBO Sabhara Polres Batang Iptu Zainal Mutakin mengatakan setelah dilakukan pengecekan pada calon hewan kurban yang dijual oleh pedagang dadakan di Batang, tidak ada yang terindikasi PMK.

“Dipastikan hewan-hewan ini masih aman dikonsumsi. Sebelumnya tim dari Polres Batang bersama Dislutkannak telah melakukan pemeriksaan dan pemberian vaksin PMK pada ternak yang tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Kecamatan Bandar,” terangnya, saat memeriksa kondisi calon hewan kurban, di salah satu depot penjualan kambing kurban, di Jalan Gajah Mada, Bogoran, Kabupaten Batang, Jumat (8/7/2022).

BACA JUGA:  Wagub Jabar Dorong Petani Generasi Zilenial Mampu Bangkitkan Jawa Barat Swasembada Pangan

Ratusan ternak sapi di Bandar telah divaksin dan hasil pemeriksaan tidak ditemukan PMK.

Ia menerangkan, meskipun PMK tidak berdampak pada manusia, namun manusia juga bisa menjadi media penularan PMK ke hewan.

BACA JUGA:  Patroli Sore Hari, Upaya Polres Pekalongan Cegah Gangguan Kamtibmas

“Pemantauan dilakukan intensif di tempat pedagang hewan kurban, di kandangnya langsung, baik sapi maupun kambing,” tegasnya. (HS)