Cegah Abrasi, Polsek Cepiring Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Utara

Lidiknet, KENDAL – Polsek Cepiring bersama TNI dan masyarakat Desa Margorejo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 tahun 2022 berlokasi di pesisir pantai Desa Margorejo, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.30 WIB hingga 10.00 WIB. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah membersihkan rumput dan tanaman liar yang tumbuh di sekitar hutan mangrove dengan tujuan pencegahan abrasi dan penanggulangan banjir rob/air pasang, dilanjutkan penanaman pohon mangrove sejumlah 1400 pohon sepanjang 1 km di pesisir pantai Utara Desa Margorejo.

Kegiatan yang dilangsungkan di pesisir pantai utara ini di bawah arahan langsung Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho.

BACA JUGA:  Partai UKM Indonesia: Pilpres 2024 Dimungkinkan Dua Putaran, Poros Parpol Kuatkan Sistem Presidential

Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho mengatakan, “Kegiatan itu dilaksanakan bukan yang pertama kali oleh Polsek Cepiring.

“Tadi kami melaksanakan giat penanaman pohon mangrove di pesisir pantai utara, bukan hanya kali ini, sebelumnya juga sudah sering dilakukan guna menjaga lingkungan pesisir pantai, kali ini kami lakukan lagi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-76 serta untuk menjaga kelestarian alam yang bertujuan mencegah terjadinya abrasi di wilayah pesisir utara Kecamatan Cepiring,” kata AKP Agung Setio Nugroho.

BACA JUGA:  Operasi Zebra Candi 2022, Masyarakat Diajak Tertib Lalu Lintas

Dijelaskan Kapolsek Cepiring, bahwa kegiatan penanaman mangrove itu bertujuan agar sama-sama saling menjaga dan melestarikan alam di Desa Margorejo Kecamatan Cepiring, juga agar masyarakat sadar akan lingkungan dan bentuk keseriusan warga terhadap lingkungan diwujudkan dengan cara menanam pohon mangrove bersama dengan Polsek Cepiring.

BACA JUGA:  Viral di Medsos, Pelajar Ini Nekat Merekayasa Jadi Korban Penculikan

Lebih lanjut Kapolsek Cepiring menambahkan, “Bahwa acara ini merupakan rangkaian dari HUT Bhayangkara ke-76, penanaman mangrove dapat mencegah erosi dan abrasi pantai. Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut,” pungkas Kapolsek Cepiring. (*)