Pasca Pilkades, TNI Polri Giatkan Patroli dan Sambang Desa

Lidiknet, BATANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang digelar pada Minggu (29/5/2022) di 32 desa dari 14 kecamatan diwilayah Kabupaten Batang berjalan aman dan kondusif.

Berdasar pantauan, antusiasme masyarakat tinggi untuk menggunakan hak suaranya. Petugas keamanan baik dari TNI Polri menjamin keamanan dapat terselenggaranya pesta demokrasi tingkat desa itu.

Pasca Pilkades, pihak Kepolisian dan TNI terus bersinergi menjaga kondusivitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) diwilayah Kabupaten Batang.

BACA JUGA:  Ganjar Pranowo: Saatnya Bupati dan Walikota Ambil Peluang Tingginya Kosumsi di Bulan Ramadhan dan Lebaran

“Polres bersama TNI melakukan giat rutin yang ditingkatkan yakni patroli dan sambang ke desa,” terang Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto melalui Kabag Ops Kompol Raharja saat ditemui pada Rabu (1/6/2022).

BACA JUGA:  Satreskrim Polres Kendal Ringkus Dua Pelaku Pengeroyokan Pemuda Hingga Tewas di Kaliwungu Selatan 

Kepala Kesbangpol Batang Agung Wisnu Barata mengatakan, faktor tingginya tingkat partisipasi pemilih diantaranya adanya kesadaran politik masyarakat mencari pemimpin lokal.

“Pilkades dianggap paling baik dalam mencari figur pemimpin pemerintahan desa. Dengan harapan ada perubahan sosial dan ekonomi masyarakat desa ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

BACA JUGA:  IWO Tegal Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tidak hanya itu, lanjut dia, panitia Pilkades maupun Pemerintah Desa secara pro aktif mensosialisasikan semua pentahapannya.

“Hasil pemantauan kami untuk tingkat partisipasi pemilih tertinggi Desa Jambangan Kecamatan Bawang yang mencapai 100%. Dari DPT 2.102 semua pemilih hadir menggunakan hak pilihnya,” terangnya. (HS)