Wakapolres Pekalongan Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 

Lidiknet, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H yang diwakili oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosianto, S.H., M.H mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 di lapangan belakang Setda Kabupaten Pekalongan, Jumat (20/5/2022).

Tahun ini, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 mengambil Tema “Ayo Bangkit Bersama.” Dan selaku Inspesktur upacara adalah Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar, S.Sos., M.S.i.

Yulian Akbar dalam sambutannya menyampaikan “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114, sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir ini.

BACA JUGA:  Kejar Target, Polsek Batang Kota Gelar Vaksinasi di Jalan Veteran

Pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.

“Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Pendirian ini untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan,” ujarnya.

Menurut Julian Akbar, di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

BACA JUGA:  Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Polres Batang Gelar Berbagai Kegiatan Bakti Sosial

“Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal secara perlahan hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai presidensi G20 Tahun 2022.

“Di tengah momentum penanganan Nasional COVID-19 yang makin membaik dan presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia dari Indonesia dunia pulih bersama “Ayo Bangkit Lebih Kuat,” tegasnya.

BACA JUGA:  Di Kendal, Sebanyak 309 Sapi Positif PMK

Upacara juga dihadiri oleh Asisten 1 Kabupaten Pekalongan Totok Budi Mulyanto, S.E., Pabung Kodim 0710 Kapt Inf Nurkhan, Wakapolres Pekalongan Kompol Riwayat Sosiyanto, S.H., M.s.i., Forkopimda Kabupaten Pekalongan serta para Kepala OPD Kabupaten Pekalongan. (HS)