Polisi Petakan Titik Rawan Masalah Pilkades Serentak di Batang

Lidiknet, BATANG – Polres Batang Polda Jawa Tengah telah memetakan sejumlah titik rawan yang bisa berpotensi menimbulkan permasalahan berkaitan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 29 Mei 2022 mendatang.

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan untuk pengamanan, pihaknya berkolaborasi bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam pelaksanaan Pilkades yang digelar di 32 desa itu.

“Nanti akan disiagakan personel (pemukul) dari Brimob Pekalongan dalam pengamanan Pilkades di sejumlah titik rawan. Namun demikian, insya Allah pelaksanaan Pilkades akan berlangsung aman dan damai,” kata Kapolres.

BACA JUGA:  Sembari Patroli Polisi Bagikan Masker Gratis dan Sampaikan Imbauan Prokes

Ia menjelaskan terdapat tiga zona dalam pengamanan Pilkades, yaitu tiga zona merah, lima zona kuning, dan zona hijau atau aman.

“Berdasar analisis intelijen ada tiga zona merah dan zona kuning, selebihnya zona aman. Untuk itulah, kami akan tetap kawal semua desa yang akan melaksanakan Pilkades,” terangnya.

BACA JUGA:  Kado Terindah Gubernur Ridwan Kamil Untuk Sang Legenda Tjetjep Heriyana Tiket menyaksikan langsung MotoGP di Sirkuit Mandalika

Antisipasi adanya “botoh” yang dapat merusak citra demokrasi dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2022, dia mengatakan Polres Batang akan meminimalkan pergerakan para ‘botoh’ yang bisa merusak citra demokrasi.

BACA JUGA:  Resmikan Revitalisasi Pasar Kepuh Kuningan, Ridwan Kamil: Promosikan dan Jaga Ketertiban Pedagang

“Kami akan melakukan pencegahan semaksimal mungkin. Kami mengimbau pada masyarakat agar profesional dan memilih calon secara cerdas,” ujarnya.

Kepada seluruh Calon Kepala Desa, Irwan berharap dapat mencegah para pendukung dan simpatisan melakukan hal-hal yang berlawanan dengan aturan sehingga bisa tercipta Pilkades serentak yang damai dan aman. (HS)