Bupati Tanggamus Tinjau Masyarakat Yang Terkena Dampak Banjir Rob

LIDIKnet.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani didampingi Oleh Sekdakab dan beberapa dinas terkait Kabupaten Tanggamus, meninjau warga yang terdampak banjir rob di Kampung nelayan di Dusun Kapuran Kecamatan Kota Agung. Rabu(18/5/2022)

Selain itu, Rombongan Bupati juga di sambut oleh Camat Kota Agung Erlan Deni Saputra, Lurah Pasar Madang Dede Chandra, Lurah Baros Adi Putra dan KUPT Puskemas Kota Agung dr. Theresia.

Kepada media yang mengawal kegiatan tersebut, Bupati Hj Dewi Handajani menjelaskan, bahwa peristiwa banjir rob di Kabupaten Tanggamus ada sembilan titik yang salah satunya di Kapuran kelurahan Pasar Madang.

BACA JUGA:  Wapres - Gubernur Luncurkan Lapak Abah - Ojek Desa

Dikatakan oleh Bupati, dampak yang terparah akibat banjir rob tersebut ada empat RT di Kapuran Kelurahan Pasar Madang, diantaranya RT 16, RT 10, 14 dan 09 dengan total keseluruhan 210 KK yang terdampak.

“Upaya kami pasca bencana adalah mendirikan posko kedaruratan, posko kesehatan, memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak dan melakukan pendataan,”Ujar Bupati

Sementara itu Bupati juga mengatakan, pihak Pemkab akan melakukan pendataan dan memprogramkan untuk relokasi pemukiman warga yang berisiko terkena dampak gelombang

BACA JUGA:  Naas, Niat Tolong Keponakan, Satpam Swalayan Tewas Tenggelam di Sungai Blorong

Kemudian, pihak Pemkab Tanggamus juga akan melakukan sosialisasi dan mencarikan lahan terhadap warga yang bersedia untuk relokasi.

Sementara untuk bangunan, pihaknya juga akan berkordinasi dengan pemerintah pusat dari Kementerian PUPR apa bila mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat terkait dengan program relokasi.

“Selain itu, kami juga akan membangun pemecah ombak (break water) sepanjang 500 meter, di ambil dari biaya tak terduga, agar dapat mencegah hempasan ombak,”Kata Bupati

BACA JUGA:  Tipu Korban dengan Modus Pengurusan Mutasi Kendaraan, Pria Ini Dicokol Petugas

Bupati juga berharap, agar masyarakat tidak mendirikan bangunan atau berdomisili di sepanjang bibir pantai, dan sungai, sebab kata Bupati meski setiap tahun sekali banjir rob tersebut, penanganannya hanya bersifat sementara masalah kedaruratan saja.

“Kita tidak mengharapkan musibah yang lebih berat dari ini, Tapi insha Allah, masyarakat bisa memahami dan upaya-upaya Pemkab Tanggamus ini bisa terealisasi,”Harapan Bupati

Di ketahui, Selain meninjau banjir rob, Bupati juga memberikan bantuan bahan pokok berupa beras bagi warga yang terdampak.