Antisipasi PMK, Polsek Cepiring Lakukan Pengecekan Peternak Sapi di Wilayah Kecamatan Cepiring

Lidiknet, KENDAL – Guna mengantisipasi masuknya Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak, personel Polsek Cepiring turun ke lokasi melakukan pengecekan. Seperti kali ini yang menjadi sasaran adalah peternak sapi di wilayah Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, Rabu (18/5/2022).

Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas bersama Kanit Intelkam Polsek Cepiring menyampaikan, para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti.

“Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, yang saat ini sedang menjangkiti sapi di wilayah Kabupaten Kendal,” kata AKP Agung Setio Nugroho.

BACA JUGA:  Uu Ruzhanul: Riyadhoh Ramadan Jadi Semangat ASN Jabar Laksanakan Tugas

Dari hasil pantauan di wilayah Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, Kapolsek Cepiring mengatakan, tidak ditemukan sapi yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sampai saat ini.

BACA JUGA:  DPP ETOR Ucapkan Selamat HUT ke 61 Presiden Jokowi, Terus Kawal dan Dukung Pemerintah Sampai 2024

“Nantinya apabila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke Dinas Peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” jelas Kapolsek Cepiring.

Kapolsek Cepiring AKP Agung Setio Nugroho menegaskan, pihaknya siap bekerjasama dengan dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kecamatan Cepiring serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternakan dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Lepas Pengiriman Perdana Minyak Goreng Curah yang Dipesan Via Aplikasi 

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada virus PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain, memastikan kebersihan kandang,” pungkasnya. (HS)