Cegah Aksi Kejahatan, Polisi Imbau Melalui Pengeras Suara

Lidiknet, KENDAL – Kasat Binmas Polres Kendal AKP Abdullah Umar terlihat menggendong pengeras suara dan tidak henti-hentinya memberikan imbauan. Sambil berkeliling di lokasi syawalan Kaliwungu, Abdullah Umar meminta pengunjung untuk berhati hati dan waspada dengan barang bawaannya.

Tiap sudut alun-alun Kaliwungu dijelajahi sembari memberikan imbauan, agar terhindar dari kejahatan.

“Kerumunan seperti ini memang rawan dengan tindak kejahatan khususnya pencopetan. Sudah banyak korban jadi perlu diingatkan bagi pengunjung syawalan agar selalu berhati hati,” jelasnya.

BACA JUGA:  Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Aliansi Ormas, LSM dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Pekalongan, Ratusan Personel Gabungan Disiagakan¬†

Dikatakan Kasat Binmas, kejahatan terjadi karena ada kesempatan sehingga perlu diantisipasi dan selalu waspada.

“Laporan kehilangan sudah banyak dan kami sudah mengingatkan agar menjaga barang bawaannya dan jika memungkinkan jangan membawa barang berharga seperti perhiasan. Tas selempang dan dompet juga dijaga agar tidak menjadi sasaran kejahatan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Forkopimda Batang Pantau Langsung Jalanya Pungut Suara Pilkades Serentak

Selain mengingatkan bahaya kejahatan pencopetan, Polisi juga mengimbau melalui pengeras suara untuk menjaga anak-anak agar tidak terlepas dari pantauan.

“Anak-anak juga perlu dijaga dan dipantau jangan sibuk dengan keramaian sampai anaknya tidak dijaga dan hilang,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dewi Aryani Bantu Kepulangan Jenazah Warga Kalisalak Margasari yang Meninggal di Lampung

Tradisi syawalan biasanya ramai pengunjung di sore hingga malam hari. Pusat keramaian ada di alun-alun Kaliwungu dan komplek Makam Jabal di Protomulyo. Keramaian dan saling berdesakan ini menjadi kerawanan dan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. (HS)