Arus Balik Lebaran 2022, Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area 360 Tol Batang

Lidiknet, BATANG – Posko Pengamanan (Pospam) Mudik Lebaran 2022 Polres Batang di Rest Area 360 B melakukan sistem rekayasa buka tutup masuk tempat rehat tersebut saat penerapan One Way.

Kepala Pospam Mudik Lebaran Rest Area 360 B Iptu Sugiyana mengatakan, bahwa mulai kemarin diberlakukan One Way arus balik lebaran dari Tol Kalikangkung menuju Tol Karawang yang dimulai pukul 14.00 WIB.

“Buka tutup di Rest Area 360 B dilakukan bagi kendaraan yang masuk disesuaikan daya tampung, sehingga tidak terjadi kepadatan di muara rest area,” jelasnya pada Sabtu (7/5/2022).

BACA JUGA:  Tingkatkan Kebugaran Tubuh, Personel Polres Puncak Jaya Laksanakan Olahraga Bersama Jalan Santai

Tujuan buka tutup sendiri agar tidak ada antrean kendaraan yang masuk akibat kepadatan kendaraan di rest area, sehingga penerapan one way arus balik lebaran dapat berjalan lancar.

“Penutupan rest area dilakukan secara situasional, jika memang dalam 20 menit sudah longgar maka rest area akan kita buka kembali. Jadi melihat keadaan yang ada di parkiran,” jelasnya.

BACA JUGA:  Antisipasi PMK, Kapolres Batang Bersama Dislutkannak Monitoring Peternakan Sapi

Sugiyana menambahkan, saat penerapan rekayasa buka tutup rest area kita telah bekerja sama dengan jasa marga untuk penyediaan sarana perambuan, rubber cone dan water barrier, serta menambah personel keamanan dan pengatur lalu lintas di rest area.

Ia juga mengimbau, pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:  9 Remaja Jadi Pelaku Kriminal, Ini Analisa dan Imbauan Polda Jateng

Sugiyana juga meminta pengguna jalan untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM), kesehatan kendaraan, dan kebugaran pengemudi agar memaksimalkan waktu rehat.

“Kejadian yang terjadi di rest area tidak begitu besar hanya ada beberapa mobil yang mengalami kebocoran ban dan overloadnya radiator mobil itu sudah langsung dibantu oleh petugas,” ujar dia. (HS)