Sebanyak 83 KPM Pekon Sukaraja, Menerima Bantuan BLT – DD TA 2022

LIDIKnet.com, Tanggamus – Pemerintah Pekon Sukaraja Kecamatan Cukuh Balak Menyalurkan BLT-DD Kepada 83 KPM di Balai Pekon Sukaraja Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus. Jum’at (29/4/2022)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pekon Sukaraja Fauzan Azim, Anggota Koramil 424 -01/CKB Serda Rico Helmizar, Ketua BHP Pekon Sukaraja Islahuddin, Pendamping Pekon Sukaraja Adi, dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Selain Penyaluran BLT-DD, untuk Upaya menghindari penularan Covid-19 selain dengan disiplin protokol kesehatan, Pemerintah Pekon Sukaraja Bekerjasama dengan Vaksinator Puskesmas Kecamatan Cukuh Balak melakukan kegiatan vaksinasi.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Ikut Langsung dalam Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz

Kepala Pekon Sukaraja Fauzan Azim, ia mengatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai atau BLT dari Dana Desa untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 Pekon Sukaraja tersebut sudah sesuai dengan Verifikasi dan Validasi data Keluarga Penerima Manfaat.

“Langkah ini agar akurasi data KPM BLT-DD dapat dipertanggungjawabkan, sebab Pemerintah Pusat menggulirkan BLT-DD tersebut untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu akibat wabah Covid-19 selama ini,”Kata Fauzan

Lebih lanjut Fauzan juga menjelaskan, terkait dengan Pembagian BLT – DD kepada 83 KPM tersebut berdasarkan acuan Peraturan Permenkeu nomor 190/PMK.07/2021, dan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 pasal 5 ayat 4 tentang penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Luncurkan Program Pemesanan Minyak Goreng Melalui Aplikasi Sapawarga

“Pemerintah Pekon dapat menentukan calon penerima manfaat berdasar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), melalui tim verifikasi dan validasi data,”Jelasnya

Kemudian Fauzan juga mengungkapkan, bahwa pembagian BLT-DD tahap pertama untuk bulan Januari sampai dengan Maret di ambil dari anggaran Dana Desa sebesar 40 % tersebut, di khususkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 berdasarkan kriteria.

BACA JUGA:  Bangun Sinergi, Pemerintah Pekon Kuripan Bersama Pemuda Karang Taruna Lakukan Kegiatan Gotong Royong.

“Keluarga prasejahtera, Warga yang Sakit-sakitan, warga yang usahanya terdampak pandemi, tidak mendapatkan bansos, Warga lanjut usia dan yang lainnya,”Ujarnya

Di penyampaiannya yang terakhir, dibulan yang penuh berkah ini, ia berharap agar selaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan BLT-DD tersebut, menggunakan dana sesuai dengan kebutuhannya.

“Saya berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan BLT-DD, dapat memenuhi kebutuhannya sesuai dengan harapan mereka, dan apa lagi ini menjelang lebaran, tentunya banyak yang harus di beli,”Tutupnya.