Sembari Patroli Polisi Bagikan Masker Gratis dan Sampaikan Imbauan Prokes

Lidiknet, PEKALONGAN – Dalam penegakan disiplin protokol kesehatan, pola penindakan yang dilakukan aparat kepolisian kepada para pelanggar tidak hanya dilakukan dengan menggelar operasi yustisi di tempat tertentu atau menetap. Polisi juga bisa melakukan pola hunting system atau patroli keliling.

Kasubsi PIDM Sihumas Ipda A Tamerin, S.H., menerangkan bahwa hunting system adalah upaya petugas untuk melakukan penindakan langsung terhadap pengguna jalan yang kasat mata melakukan pelanggaran.

“Sembari patroli, ketika melihat ada pelanggaran prokes, petugas akan langsung melakukan penindakan berupa teguran,” terangnya, Kamis (28/4/2022).

BACA JUGA:  Pastikan Stok dan Distribusi Aman, Polres Puncak Jaya Lakukan Pengamanan Sekaligus Monitoring Penyaluran BBM Bersubsidi di APMS PT. ACP

Menurutnya, sistem hunting sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam rangka mencegah persebaran Covid-19.

“Mereka yang melanggar kita beri teguran lisan sekaligus kami beri masker sebagai edukasi pentingnya menggunakan masker di tengah pandemi,” tandasnya.

BACA JUGA:  Perputaran Ekonomi Sektor Otomotif Jawa Barat Capai Rp1,5 Triliun

Meskipun kasus Covid-19 sudah melandai, namun pihaknya bersama instansi terkait lainnya terus mensosialisasikan 5M dan percepatan vaksinasi.

“Hal ini yang terus kami sosialisasikan terhadap masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19 dan segera tercapai herd immunity,” tambahnya.

Pihaknya mengakui bahwa edukasi kepada masyarakat akan terus digencarkan, agar masyarakat sadar pentingnya protokol kesehatan dan vaksin Covid-19. Apalagi menjelang lebaran tentunya mobilitas warga semakin meningkat.

BACA JUGA:  Pimpin Pelaksanaan Apel Pagi, Kapolres Puncak Jaya Ingatkan Anggota Agar Lebih Bijak dalam Bermedsos

“Sambil berbagi masker gratis, kita sampaikan edukasi tentang ptotokol kesehatan. Bahwa Covid-19 masih mengancam. Untuk itu kita ajak juga masyarakat agar ikut vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Ipda Tamerin pun berpesan kepada warga masyarakat, terutama yang belum melakukan vaksinasi agar segera mendaftar dan melaksanakan vaksin demi kesehatan bersama guna menekan penyebaran Covid-19. (HS)