Kunjungi Kampung Toleransi di Bekasi, Ridwan Kamil: Semangat Kebhinekaan Harus Terus Hadir di Jawa Barat

KOTA BEKASI — Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bekasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyempatkan meninjau indahnya toleransi yang ditunjukan warga Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu (20/4/2022).

 

Ridwan Kamil mengaku kagum dengan jalinan toleransi yang tinggi di kampung tersebut di tengah keberagaman khas budaya Indonesia.  Kampung Bali, begitu nama yang populer di masyarakat.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil: Dengan Sinergi TNI-POLRI Wujudkan Mudik Aman dan Sehat di Jabar 

 

“Tadi mampir ke Kampung Bali. Saya kagum dengan keberagaman di Kota Bekasi yang menunjukkan toleransi luar biasa,” kata Ridwan Kamil.

 

Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, ada dua kelebihan yang dimiliki Kampung Bali. Pertama, kampung yang berada di Jalan Merpati ini sangat rindang oleh banyaknya pepohonan.

 

“Kampungnya hijau dan asri, makanya saya bilang panasnya Kota Bekasi itu solusinya adalah perbanyak pohon,” tutur Kang Emil.

BACA JUGA:  Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Diharapkan Beri Pelayanan Prima

 

Kelebihan lainnya adalah hadirnya ekspresi budaya melalui bangunan hingga karya seni khas berbagai daerah dengan dibalut dengan nilai-nilai Pancasila. Maka tak heran wilayah itu juga dijuluki Kampung Pancasila.

 

“Yang kedua karena ada budaya, ekspresinya sangat artistik, maka kampungnya sangat menarik dijuluki juga Kampung Pancasila,” ujarnya.

BACA JUGA:  Video Viral di Medos Minta Tebusan 24 Juta, Ternyata Pengemudi Elf Salah Persepsi

 

Kang Emil berharap kampung toleransi ini bisa dicontoh oleh daerah lainnya di Jabar. Semangat kebhinekaan yang harmonis harus terus hadir di Jabar yang keberagamannya relatif tinggi.

 

“Mudah-mudahan menjadi contoh ke seluruh masyarakat Jabar. Mari bangun Jabar juara lahir batin dengan semangat kebhinekaan yang harmonis,” imbau Kang Emil.