Refleksi Kabupaten Tanggamus Selama 26 Tahun Berdiri

LIDIKnet.com, Tanggamus – Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pilihan strategi untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sebab, Urgensi untuk persaingan di tengah perubahan yang berlangsung cepat, baik pemerintah pusat maupun daerah, terutama pemerintah Kabupaten Tanggamus, harus memperhatikan dari semua aspek, baik dari aspek Ekonomi, Hukum, politik, dan Budaya.

Oleh karena itu diharapkan pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk merangkul semua elemen masyarakat demi pembangunan yang sifatnya berkelanjutan.

Merli Yunita Sari, seorang praktisi hukum yang merupakan Managing Patner Firma Hukum MYS & Patners ia mengatakan bahwa pentingnya peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Sebab, salah satu indikator pembangunan SDM tersebut dengan perlu untuk mengupdate pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran hukum agar masyarakat sadar hukum dan sebagai upaya prenventif terjadinaya tindak pidana di Tanggamus.

BACA JUGA:  Having A Provocative Woman Works Only Under These Conditions

“Berdasarkan kasus kasus yang pernah kami tangani selama di dunia advokat di Kabupaten Tanggamus menurut kami masih banyak masarakat yang belum melek hukum dan masih banyak di Kabupaten tercinta ini yang membutuhkan keadilan mulai dari perkara tanah, waris, pidana, hutang piutang, penganiayaan, penyerobotan tanah, Tindak pidana Korupsi,”Kata Merli

Kemudian Merli juga berharap, perlu adanya penguatan dan kolaborasi antara Pemkab Tanggamus dengan para Advokat sebagai bagian dari Aparatur Penegak Hukum (APH) agar program Pemkab Tanggamus sejalan dengan tugas mulia advokat.

“Advokat sebagai Bagian dari APH dan kedua sosialisasi hukum dan peningkatan kesadaran hukum di masyarakat secara menyeluruh agar terwujudnya masyarkat tanggamus yang sadar hukum dan berkeadilan yang sejahtera,”Harapan Merli

Di Kesempatan yang sama, Seorang tokoh Masyarakat Cukuh Balak Iskandar Haris, ia memberikan tanggapan terkait kinerja pemerintah Kabupaten Tanggamus Selaku agent perubahan yang bertanggungjawab terhadap pembangunan yang berbasis masyarakat.

BACA JUGA:  Ten Features Of Shampoo That Make Everyone Love It.

“Untuk hubungan antar lembaga pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanggamus sedang mengalami hambatan komunikasi, sehingga sulit utk melaksanakan dan menentukan arah kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan,”Ujar Iskandar

Selain itu, Iskandar menyinggung tentang program program yang menjadi unggulan (leading sektor) pembangunan baik infrastruktur, jalan, jembatan, sarana pendidikan, dan pelayanan kesehatan sebagai indikator keberhasilan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat tidak efektif.

“Diharapkan Bupati sebagai Kepala Daerah/ Kepala Pemerintahan segera mengambil sikap tegas, demi terciptanya harmonisasi hubungan kerja antar lembaga agar berjalan sesuai dengan harapan, Sebab Bumi ini hanya ada satu matahari,”Tandasnya.

Kemudian Iskandar Haris juga mengatakan, rasa optimisme nya Kabupaten Tanggamus akan lebih maju di bawah kepemimpinan Bunda Dewi Handajani selaku Bupati Tanggamus.

BACA JUGA:  Masyarakat dan Ratusan Pelajar Iringi Jenazah Eril Menuju Permakaman Keluarga

“Apapun kebijakan Bupati Tanggamus, selama itu berdampak positif sesuai dengan 55 aksi programnya, saya akan mendukung,”Tutupnya

Sementara Sekretaris Pemuda Pancasila Kabupaten Tanggamus Adi Prayoga, ia menegaskan bahwa yang terjadi di akar rumput selama 26 tahun Kabupaten Tanggamus berdiri, Kebijakannya terkesan hanya di nikmati oleh kalangan atas yang ada dilingkungan Pemkab Tanggamus.

“Tentu sebagai masyarakat Tanggamus saya sangat berbangga dan hormat kepada rekan-rekan lintas organisasi, profesi dan yang lain yang telah dengan lantang suarakan kebenaran terkait Tanggamus, semoga Kabupaten Tanggamus terus berbenah, Tanggamus bukan hanya milik tuan dan puan yang seolah suka memutar roda dari balik kursi santai itu,”Tegas Adi Prayoga