Pemerintah Pekon Tegi Neneng Menyalurkan BLT-DD Tahap Pertama Kepada 120 KPM

LIDIKnet.com,Tanggamus – Pemerintah Pekon Tegi Neneng Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT – DD) Tahap pertama Kepada 120 KPM untuk Tahun Anggaran 2022 yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Tegi Neneng. Selasa (19/4/2022)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kecamatan limau Munzir,SE., Kepala Pekon Tegi Neneng Muslim, Ketua BHP, Anggota Koramil 424 -01/CKB Serda Nur Fitra, Anggota Polsek Limau Aipda Elvan.M, Bripka Sumantri, Bripka Amir.S, dan Pendamping Desa Kecamatan Limau Tapzani, Hendriansyah serta Hendri.

Pembagian BLT – DD kepada 120 KPM tersebut berdasarkan acuan Peraturan Permenkeu nomor 190/PMK.07/2021, dan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 pasal 5 ayat 4 tentang penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

BACA JUGA:  Bupati Sumenep Borong Produk UMKM Warga Sapeken

Kepala Pekon Tegi Neneng Muslim dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa pembahasan pembagian BLT-DD tahap satu untuk 3 bulan pertama yang di ambil dari anggaran Dana Desa sebesar 40 % tersebut, pihaknya sudah menyerahkan ke tim validasi pekon Tegi Neneng.

“Dalam hal ini sudah saya serahkan ke tim validasi tanpa intervensi dari saya sebagai Kepala Pekon, dan saya hanya menerima catatan dari tim validasi sebanyak 120 KPM,”Kata Muslim.

BACA JUGA:  Terima Audiensi Dari E-Sport Indonesia, Bupati Harapkan Tanggamus Bisa Juara Kembali

Kemudian Muslim juga menjelaskan, untuk pembagian BLT-DD tersebut sesuai dengan regulasinya hanya di peruntukan untuk enam kreteria yang benar-benar terdampak Pandemi Covid-19

“Adapun 120 KPM tersebut, sudah sesuai sasaran diantaranya, Miskin Murni, sakit menahun, putus pekerjaan dalam hal ini usaha bangkrut, penerima bantuan sosial yang telah terputus, lansia dan yang lainnya,”Ujar Muslim

Lalu Muslim juga menambahkan tentang nilai atau sistem pembagian untuk satu KPM mendapatkan Rp 300 ribu kali tiga bulan pertama, dengan kalkulasi menjadi Rp 900 ribu.

BACA JUGA:  Refleksi Kabupaten Tanggamus Selama 26 Tahun Berdiri

“Untuk pembagian BLT-DD ini sudah sesuai dengan aturannya, dan pihak aparatur pekon murni tidak melakukan pemotongan sepeserpun,”Tegas Muslim

Di tempat yang sama Lukman (80) salah satu KPM Pekon Tegi Neneng, ia mengatakan bahwa dengan adanya BLT-DD tersebut kebutuhan pokok selama bulan puasa cukup terbantukan, pasalnya banyak kebutuhan selama dibulan puasa yang harus dibeli

“Saya sebagai masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, terutama Kepala Pekon Tegi Neneng yang sudah menyalurkan BLT-DD kepada kami sebagai masyarakat,”Ujar Lukman.