Upacara Hari Ulang Tahun Pringsewu Ke 13, Mahasiswa UMPRI Melakukan Ini

LIDIKnet.com, Pringsewu – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Menggelar Kreativitas berupa Paduan suara dan tarian Kolosal di Lapangan Upacara Pemkab Pringsewu. Minggu,(3/4/22)

Acara Paduan Suara dan Tarian Kolosal tersebut dengan mengusung tema “Bumi Jejama Secancanan” yang di prakarsai oleh Mahasiswa (FKIP) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Pringsewu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu yang Ke 13

Sementara dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu yang Ke 13 itu sendiri membawa tema “Masyarakat Pringsewu Sehat Bangkit Pulihkan Ekonomi”

Perhelatan tarian kolosal dan paduan suara yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Pringsewu tersebut di ikuti oleh 180 peserta dengan rincian 100 peserta tarian kolosal dan 80 peserta untuk paduan suara, yang kesemua pesertanya Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Guru SD Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

Sedangkan paduan suara itu sendiri dengan membawakan lagu, Lagu Perjuangan, Maju Tak Gentar, Bangun Pemuda Pemudi, Mars Pringsewu dan yang terakhir mengheningkan cipta.

BACA JUGA:  Diduga Dibuang Pelaku, Kotak Amal Mushola Ditemukan Disaluran Irigasi

Sebelumnya paduan suara dan tarian kolosal tersebut dilatih oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Muhammadiyah Pringsewu Ibu Endang Wahyuni, M.Sn., yang juga didampingi oleh Ibu Lisdwiana Kurniati, M.Pd., Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

Sementara penata musik Bagas Aditya dan Elfan Danis, Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

Dalam Kesempatan tersebut, Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Endang Wahyuni, M.Sn., ia menjelaskan bahwa Konsep atau tema Tarian tersebut menggambarkan bahwa Indonesia adalah Negara dengan Sejuta Keragaman yang dikemas dalam Bhinneka Tunggal Ika dengan makna berbeda beda tetapi tetap satu jua.

“Dari Keberagaman itu lah melahirkan bentuk keragaman budaya Indonesia yang tak ada tandingannya, seperti rumah adat, suku, agama, bangsa, bahasa, tarian dan Salah satunya Kota pringsewu merupakan kota yang kaya akan keanekaragaman nya,”Ujar Endang Wahyuni

BACA JUGA:  Pastikan Aman, Obyek Wisata di Kendal Diimbau Dilengkapi Barcode Peduli Lindungi

Selanjutnya Endang Wahyuni juga menjelaskan bahwa Pringsewu merupakan kota bersahaja, berdaya saing harmonis dan sejahtera.

“Dengan ini perlunya kita bersama – sama saling bergandeng tangan atau dengan kata lain bergotong royong, berat sama di pikul, ringan sama dijinjing, yang dituangkan dalam bentuk Tarian Kolosal Bumi Jejama Secancanan.”Jelas Endang.

Ditempat yang sama, Ketua Program Studi PGSD, Yunni Arnidha, M.Pd., ia juga menerangkan bahwa Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat baik dan positif yaitu dengan memberikan kontribusi dalam rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun Pringsewu Ke 13.

“Dengan adanya perhelatan ini mampu mempromosikan Universitas Muhammadiyah Pringsewu khususnya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di masyarakat umum khususnya juga masyarakat Kabupaten Pringsewu dengan Media seni berupa seni tari dan paduan suara,”Terang Yunni

BACA JUGA:  Polres Batang Serahkan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Selain itu Ketua Hima PGSD UMPRI Rio Alfa Ridho, ia juga Menambahkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan eksistensi dan kualitas mahasiswa UMPRI khususnya mahasiswa (PGSD).

“Mudah – mudahan kedepan kita bisa menampilkan kreatifitas yang lebih baik lagi.”Ujar Rio.

Lalu Rio juga berharap kepada pihak Perguruan Tinggi Khususnya UMPRI agar tetap menjalin komunikasi yang baik dan bekerja sama supaya mahasiswa tetap semangat untuk berlatih.

“Saya selaku Ketua HIMA PGSD berharap kepada Ibu bapak dosen, agar terus membimbing dan memberikan bantuan baik Materil maupun moral, supaya mahasiswa khususnya yang mengikuti tarian kolosal ini lebih semangat dan bisa bekerja dengan maksimal sehingga bisa mengharumkan nama baik Universitas Muhammaddiyah Pringsewu.”Harap Rio.

Hadir dalam Upacara tersebut, Bupati Pringsewu Hi. Sujadi, Wakil Bupati Pringsewu Dr. Hi.Fauzi, Forkopimda Serta Jajaran, OKP dan Kepala Pekon Se Kabupaten Pringsewu. (Tim)