KKN Tematik MBKMB UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 65 Siap Kembangakan Potensi Wisata

LIDIKnet, Surabaya – Dengan tekad dan komitmen yang kuat kelompok 65 beranggotakan 10 mahasiswa siap melaksanakan KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). dengan implementasi lapangan terhitung mulai tanggal 21 Maret – 30 Juni 2022.

Dari empat skema yang ada yaitu skema ekonomi dan kewirausahaan, skema desa bebas stunting, skema desa wisata, dan yang terakhir skema tangguh bencana. Kelompok 65 mendapatkan skema “Desa Wisata” dengan lokasi KKN di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.

(23/02/2022) D. Ir. Yenny Wuryandari, MP selaku ketua LPPM menyatakan bahwa progam ini diharapkan dapat mengasah softskill mahasiswa melalui jejaring kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin atau kemitraan, dan leadership dalam mengelola program.

BACA JUGA:  Konser Terbesar Indonesia, ETOR Promotor Hadirkan Dewa 19 dan NOAH Satu Panggung di Surabaya

Sebelum terjun di lapangan, mahasiswa terlebih dahulu diberi pembekalan oleh pihak LPPM, Pimpinan Program Studi dan juga Dosen Pendamping Lapangan (DPL) UPN “Veteran” Jawa Timur. Pembekelan yang disampaikan seperti petunjuk pelaksanaan, gambaran skema, tanggal pemberangkatan beserta jadwalnya, konversi Sistem Kredit Semester (SKS) dan juga masalah teknis lainya.

Survei pertama kelompok 65 dimulai dengan survei langsung ke lokasi KKN. Tujuan pertama adalah Kantor Kelurahan, selanjutnya kami melakukan wawancara dengan Agus Hariyanto selaku Sekertaris Kelurahan Sukolilo Baru, pada Rabu (16/03/2022).

BACA JUGA:  Ten Moments That Basically Sum Up Your Virtual Reality Experience

Potensi-potensi wisata di Sukolilo Baru yang menonjol diantaranya adalah, “Sukolilo Baru terdapat potensi wisata yang paling menonjol adalah kampung warna warni, kampung nelayan serta perahu hias itu bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati keindahan laut kenjerannya” ujar Agus Hariyanto

Kelurahan Sukolilo Baru juga memiliki potensi wisata yang lain, wisata ini merupakan wisata kuliner “Itu juga ada wisata kuliner juga yang merupakan potensi wisata dengan deretan penjual yang menjajakan aneka olahan hasil laut seperti kerupuk ikan, teripang di sepanjang jalan Sukolilo Baru” imbuh Agus Hariyanto
Di Sukolilo Baru terdapat komunitas nelayan yang sudah terorgnisir dengan tiga kelompok yaitu kelompok kepiting berada di RW 1, kelompok udang di RW 2, kelompok sembilang di RW 3. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak di Kelurahan Sukolilo Baru, kelompok 65 siap mengembangkan potensi wisata dengan menyiapkan progam kerja yang sesuai dengan kebutuhan mitra KKN di Kelurahan Sukolilo Baru.