Perjalanan Karir Fattah Jasin, dari Madura Hingga ke Jawa Timur

PAMEKASAN, – Tidak asing bagi kalangan masyarakat di Jawa Timur, terutama bagi masyarakat Madura, Namanya Fattah Jasin akrab disapa Gus Acing.

Lahir dari lingkungan keluarga besar Keraton Sumenep dari pasangan Drs. H.R. P. Moh. Taha dan RA Kunti Imaniah, Gus Acing dididik dan dibesarkan dalam kultur Madura-Nahdliyin yang kuat.

Pengalamannya hidup di berbagai kota besar seperti Malang, Jember, Surabaya, Kuala Lumpur dan Brisbane (Australia) membentuk Gus Acing sebagai sosok yang terbuka menyikapi berbagai perbedaan, memegang teguh nilai budaya dan agama, tawadu’ terhadap ulama dan terbiasa berdiri di atas semua golongan.

Sejak tajun 1987 Ia sudah memulai karir ditatanan pemerintahan. Dimulai sejak dirinya sebagai staff Badan Perencanaan Daerah (Bapedda) Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2014, ia mengemban amanah sebagai Kepala Bapedda Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA:  Gus Din: Kalau PDI Perjuangan Mau Ngusung Anies Puan atau Puan - Anies Silahkan Saja

Selama di Bapedda itu, Gus Acing membantu Gubernur Jawa Timur dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai Program Pembangunan di Jawa Timur, mulai dari Jembatan Suramadu, Jalur Lintas Selatan Jawa Timur, hingga pasar Agrobisnis Jawa Timur Jemundo Sidoarjo.

Di bawah kepemimpinannya di Bapedda, Provinsi Jawa Timur memperoleh Penghargaan Pangripta Nusantara sebagai salah satu Provinsi dengan dokumen perencanaan terbaik tingkat nasional.

Dedikasinya yang luar biasa, membuat Gus Acing dipercaya oleh tiga Gubernur Jawa Timur (Gubernur Imam Utomo, Gubenur Soekarwo dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa) untuk menduduki berbagai posisi penting pemerintahan.

BACA JUGA:  Santri Ponpes Anwarul Qur'an Doakan Erick Thohir Sebagai Presiden RI 2024

Mulai dari Kepala Biro Administrasi dan Perekonomian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Bappeda, Pj. Bupati Pamekasan, Kepala Dinas Pehubungan Provinsi Jawa Timur dan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Khusus Madura Provinsi Jawa Timur.

Berbagai prestasi yang diraih Provinsi Jawa Timur tidak lepas dari tangan dinginnya. Saat memimpin Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia berhasil membawa Koperasi PT. Semen Gresik sebagai 200 Koperasi Terbaik Dunia.

Dilanjutkan, ketika menjabat Kepala Dinas Pehubungan, Provinsi Jawa Timur memperoleh Anugerah Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, sebagai Provinsi dengan penataan lalu lintas terbaik tingkat Nasional.

BACA JUGA:  Realisasikan BLT-DD Tahap Pertama Tahun Anggaran 2022, Kepala Pekon Tugu Papak Harapkan Tepat Sasaran

Secara pribadi, Gus Acing juga dinobatkan sebagai Pembina terbaik tingkat Nasional dalam pembinaan Pelajar Pelopor tertib Lalu Lintas.

Selain itu, saat memimpin Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia menjalin kerjasama dengan berbagai Pondok Pesantren untuk Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Sekarang, Fattah Jasin resmi didaftarkan menjadi Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pamekasan untuk menggantikan posisi almarhum Raja’e.

Di kabupaten Pamekasan, Fattah Jasin bukan orang baru. Sebab, ia pernah menjadi menjadi PJ Bupati Pamekasan tahun 2018.