Bayi Malang Ditemukan Diperbatasan Sumenep Pamekasan

SUMENEP, – Warga Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, heboh lantaran menemukan sesosok bayi. Sabtu, (22/1/22).

Penemuan bayi oleh salah satu warga Dusun Cecce’, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan itu bermula saat hendak pulang dari tempat kerjanya melintasi kawasan Desa Cenlecen, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, perbatasan Sumenep-Pamekasan.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pragaan, Abd. Aziz menjelaskan, penemuan bayi tersebut ditemukan warga dengan tidak sengaja.

BACA JUGA:  Soal Video Mesum, ini Kata Polres Sumenep

“Dikhawatirkan terjadi apa-apa pada kondisi kesehatan bayi, si penemu memasrahkannya pada petugas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned),” kata Aziz, Sabtu (22/1).

Saat ini bayi tersebut sudah diserahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan, sebab lokasi penemuan bayi terletak di wilayah Pamekasan.

BACA JUGA:  Supir Ngantuk, Mobil Oleng Lalu Serobot Pembatas Jalan di Tapsiun Pamekasan

“Setelah penanganan awal di Puskesmas Pragaan, bayi akan dibawa ke Rumah Sakit Mohammad Nor Pamekasan untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Aziz menerangkan.

Setelah itu, bayi akan diantar ke pusat perlindungan anak terlantar di Kabupaten Sidoarjo, minimal 6 bulan dan maksimal 9 bulan sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak yang akan mengadopsi.

BACA JUGA:  Niat Menjaring Ikan, Nelayan di Pamekasan Tewas Tenggelam

Dia mengatakan, Dinsos Pamekasan akan memprioritaskan pengadopsian anak pada pihak penemu bayi. Demikian pula akan dilakukan survey oleh dinas terkait.

“Bagi warga yang ingin mengadopsi, silahkan ajukan surat permohonan pada Dinsos Pamekasan,” kata dia menegaskan.

Penemuan bayi ini juga sempat viral di media sosial (Medsos) utamanya grup WhatsApp.