Pria Pembuang Sesaji di Gunung Semeru Diketahui, ini Identitasnya

LUMAJANG – Pria yang membuang sesaji di kaki Gunung Semeru dilaporkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Lumajang ke polisi.

Hal ini setelah beredar adanya dugaan identitas pria pembuang sesaji di kaki Gunung Semeru tersebut.

Perwakilan LBH Ansor Miko membenarkan, pihaknya bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang melaporkan pembuangan sesajen ke Polres Lumajang, pada Senin (10/1/2022).

“Iya kita hari ini lapor ke Polres Lumajang, dalam peristiwa tersebut kita pakai UU ITE pasal 28 ayat 2 dan KUHP Pasal 56 bagian A,” ujar Miko, saat dihubungi wartawan.

Pihak GP Ansor merasa, adanya kasus video pembuangan sesajen tersebut sangat meresahkan warga dan berpotensi memecah belah umat.

BACA JUGA:  Dear Jatim Soroti Bendera Merah Putih Dipaku ke Pohon Sepanjang Jalan di Pamekasan

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti menyatakan, pihaknya telah menemukan identitas pelaku pembuangan sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru tepat di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

“Identitasnya kami sudah tahu,” kata Eka, melalui pesan singkatnya, pada Senin siang.

Dari informasi yang diterima pria tersebut bernama Hadfana Firdaus (32), warga Dusun Tarang Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuham Haji, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:  SDN Sumber Waru 1 Pamekasan Disegel Wali Murid

Tetapi pihaknya tak mau lebih jelas memberikan keterangan dan meminta waktu untuk mengungkapnya.

“Indikasi ke arah seseorang sudah kami dapat, namun masih perlu waktu untuk kami ungkap,” ucap Eka.

Timnya dipastikan telah berusaha menghubungi yang bersangkutan. Ia pun meminta masyarakat tetap tenang dan tak terprovokasi dengan ulah sang relawan tersebut. “Kita juga menelusuri melalui sosial medianya,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pembuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang viral beredar di media sosial. Ada dua video yang beredar berdurasi 30 detik dan 20 detik.

BACA JUGA:  Indomaret di Pamekasan Kebakaran, Tumpukan Piring dan Kardus Hangus

Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji.

Sesaji berupa beras, bunga, pisang, yang diletakkan di sebuah tempat dibuang pria yang bersangkutan.

Bahkan di video yang dilihat tersebut, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembahyang agama Hindu.

Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa. Sesaji itu ia buang sambil mengucapkan takbir beberapa kali.