9 Murid asal Sidoarjo Tenggelam di Pantai Situbondo

SITUBONDO, – Sebanyak 9 murid SMP Muhamadiyah Boarding School, Tanggulangin, Sidoarjo, tenggelam saat asyik bermain dan mandi di Pantai Utama Raya Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu petang (5/1/2022) pukul 17.00 WIB saat beberapa murid tersebut bermain dan mandi disekitar pantai.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dari 9 murid yang tenggelam tersebut berhasil diselamatkan oleh guru dan murid lain asal sekolah tersebut dibantu karyawan Utama Raya.

“Dengan naik 2 bus pariwisata, rombongan 80 murid bersama 20 gurunya itu, tiba di Utama Raya sekitar pukul 16.00 WIB dan langsung menuju Cottage. Selanjutnya beberapa murid dari rombongan tersebut bermain disekitar pantai,”tutur AKP Supoyo, Kapolsek Banyuglugur, Kamis (6/1/2022) pagi.

BACA JUGA:  Mengaku Habib, Pria Asal Omben Sampang Diamankan Warga

Padahal, lanjut Supoyo, wahana wisata pantai tersebut sudah tutup. Sekitar pukul 17.00 WIB, saat murid tersebut bermain dipantai menjerit minta tolong.

“Mendengar suara jeritan tersebut, beberapa guru bergegas mendatangi dimana suara tersebut berasal. Dan melihat beberapa muridnya yang bermain dipantai itu tenggelam,”ujarnya.

Melihat beberapa muridnya tenggelam, sambung Supoyo, guru bersama murid sekolah tersebut dibantu karyawan Utama Raya, berupaya melakukan pertolongan.

BACA JUGA:  Seorang Nenek di Banyuwangi Ditemukan Meninggal

“Setelah upaya pertolongan berhasil,  kemudian semua korban dievakuasi dan langsung dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapat pertolongan medis,”katanya.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tenggelamnya murid saat bermain dipantai tersebut. Namun satu siswi mengalami luka pada kakinya saat berusaha menolong teman lainnya yang tenggelam.

“Karena mengeluh sakit pada kaki kanannya, Aisiyah PAF (13) yang menolong temannya itu dirujuk ke RS Rizani, untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

BACA JUGA:  SDN Sumber Waru 1 Pamekasan Disegel Wali Murid

“Sedangkan yang 8 murid lainnya, sudah sadarkan diri dan kondisinya sudah membaik setelah mendapat perawatan medis di puskesmas setempat,”terangnya.

Dari peristiwa tersebut, setelah menerima laporan Kapolsek Banyuglugur bersama anggota dan Babinsa Koramil Banyuglugur, anggota Kodim O823 Situbondo serta anggota BPBD Situbondo Sektor Banyuglugur, langsung melakukan kaji cepat dilokasi kejadian.

Petugas melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari seluruh korban di puskesmas dan sejumlah saksi dilokasi, guna untuk mengetahui penyebab pasti tenggelamnya murid tersebut saat bermain dan mandi dipinggir pantai.