Pemkab Pamekasan Siapkan 124 Panitia Lokal MTQ ke-XXIX Jatim

PAMEKASAN. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, mulai mematang kebutuhan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX Jawa Timur di Pamekasan.

Sebanyak 124 panitia lokal mengikuti pelatihan di Pendopo Budaya Wakil Bupati Pamekasan, Jum’at (1/10/2021)

Jumlah tersebut terdiri dari 76 orang liaison officer (LO), 24 orang pembantu panitera, dan 24 orang master of ceremony (MC).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Halifaturrahman, menyampaikan kegiatan pelatihan itu dilakukan untuk membekali panitia lokal di Kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA:  Berkah Ramadan, Lapas Kelas IIA Pamekasan Gelar Pasar Murah Beras

Tujuannya, setelah mengikuti pelatihan, baik pembantu panitera, LO dan MC, bisa terkoordinasi dengan baik dalam melaksanakan tugas selama gelaran MTQ pada 2-11 November 2021 mendatang.

“Pelatihan ini tentu bertujuan agar panitia lokal bisa melaksanakan tugasnya dengan dan maksimal,” paparnya.

BACA JUGA:  Luar Biasa, Siswa SMAN 1 Pamekasan Raih Juara 2 Lomba LKTI Tingkat Nasional

Pria yang akrab disapa Mamang itu menjelaskan, salah satu tugas LO adalah mendampingi peserta atau kafilah dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur selama pelaksanaan MTQ. Termasuk di dalamnya, yakni mengarahkan peserta atau kafilah ke tempat pelaksanaan MTQ yang dibagi menjadi 12 venue. Sementara, pembantu panitera akan mendampingi dan menyiapkan kebutuhan panitera selama pelaksanaan MTQ.

BACA JUGA:  Selama Bulan Maret, Demontrasi di Pamekasan Tembus 12 Kali

Pihaknya mengungkapkan, panitia lokal, baik LO, MC maupun pembantu panitera merupakan putra asli daerah yang berasal dari unsur kepemudaan dan masyarakat umum lainnya yang sudah dianggap mampu mengemban amanah dalam pelaksanaan MTQ, sesuai dengan ketentuan seleksi yang sudah dilakukan.

“Mereka (panitia lokal, red) harus siap 24 jam untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ,” tandasnya.